WHAT'S NEW?
Loading...

Buka BIGO Live Saat Puasa Bisa Bikin Batal, Benarkah?

Buka BIGO Live Saat Puasa Bisa Bikin Batal, Benarkah?


Pertanyaan

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Sejak ada 4G LTE, makin banyak aja tuh aplikasi baru yang seru-seru. Sebut aja layanan live streaming semacam BIGO Live yang bikin kita bisa siaran dan nonton orang siaran. Cuma ya gitu, di BIGO Live banyak oknum mesumnya.
Pertanyaan saya, apa hukumnya buka BIGO Live saat puasa nih? Batal gak? Soalnya kita gak tahu kapan yang siaran bertindak mesumnya nih.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Arief Sebastian, 31 tahun

Jawaban

Wa'alaikumsalam Wr. Wb.
Sebagai pengingat, BIGO Live sebelumnya sudah dimasukan JalanTikus dalam daftar aplikasi yang terlarang selama bulan puasa. Karena memang aplikasi ini rawan penyalahgunaan seperti yang dimaksudkan tadi di atas.



hukum-bigo-live-saat-puasa

Tapi bukan hanya BIGO Live, banyak aplikasi juga rawan penyalahgunaan. Semua balik lagi pada pengguna. Toh di BIGO Live banyak hal bermanfaat juga. Ada yang live streaming ceramah saat menunggu buka, ada juga yang siaran skill-nya saat bermain Mobile Legends.

hukum-bigo-live-saat-puasa-2
Jika menggunakan BIGO Live untuk hal-hal bermanfaat, membuka BIGO Live atau aplikasi live streaming lain tidaklah membatalkan puasa. Tapi jika sengaja membuka BIGO Live untuk mencari oknum mesum, maka beda hukumnya.
"Al-Ghazali berkata: Zina mata merupakan yang terbesar dari jenis dosa-dosa kecil yang dapat menyebabkan melakukan dosa besar yang buruk, yaitu zina kelamin. Barangsiapa tidak mampu menjaga matanya maka ia takkan mampu menjaga agamanya" (H.R. Ibnu Sa’d dalam Thabaqat
Jadi, semua balik lagi kepada untuk apa kita membuka BIGO Live. Jika bisa menggunakannya untuk hal bermanfaat, kenapa tidak. Tapi jika memang belum bisa mengontrolnya, sebaiknya hindari membuka BIGO Live selagi puasa.
Wallahu A'lam Bishawab.

1 komentar: Leave Your Comments

Berkomentarlah dengan bijak..